Friday, August 2, 2013

Macam-macam Penyakit Jantung

Macam-macam Penyakit Jantung | Penyakit jantung adalah kelainan atau gangguan pada organ jantung. Macam atau jenis pengakit jantung banyak sekali dan bisa jadi penderita penyakit jantung menderita lebih dari satu macam. 
Macam-macam Penyakit Jantung

Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai macam-macam penyakit jantung yang terdiri dari:


1. Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang memasok darah beroksigen ke miokardium. Penyumbatan ini terutama disebabkan oleh plak ateromatosa yang melapisi dinding bagian dalam pembuluh darah yakni pembuluh darah koroner. Jika seorang wanita menderita penyakit jantung koroner maka akan merasakan terbakar pada daerah perut dan disertai dengan gejala yang lainnya.

2. Penyakit jantung iskemik
Penyakit jantung iskemik terjadi dikarenakan pasokan oksigen yang kurang. Tanda-tanda dan gejala termasuk nyeri di daerah dada tengah dan lengan kiri, dada mengencang, berkeringat dan penebalan tendon achilles.

3. Inflamasi jantung
Penyakit ini terjadi pada dinding jantung, selaput yang menyelimuti Jantung dan bagian dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

4. Penyakit otot jantung
Penyakit ini adalah karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding-dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna ketika memompa darah dan menyedot darah. Berbagai jenis termasuk kardiomiopati alkohol, penyakit jantung bawaan, kardiomiopati iskemik, hipertensi kardiomiopati, dan kardiomiopati hipertrofik.

5. Kelainan katup jantung
Katup jantung memiliki fungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Jika katup jantung mengalami kelainan, maka hal ini akan menggangu aliran darah tersebut yakni pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung dapat merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping pengobatan.

6. Arritmatia
Kelainan jantung yakni Arritmia terjadi kelainan pada irama jantung yang tidak normal yang diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantar rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

7. Gagal jantung
Gagal jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja tetapi juga karena jantung tidak bisa memompa sekuat biasanya sehingga berakibat kurangnya asupan darah pada paru-paru.

Itu tadi macam-macam penyakit jantung yang dapat saya sampaikan, Ayo jaga jantung kita tetap sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tunggu artikel kami selanjutnya

0 comments

Post a Comment