Tuesday, August 13, 2013

Penyakit jantung tiroid

Penyakit jantung tiroidPenyakit jantung tiroid- Penyakit jantung sudah terkenal dimasyarakat sebagai pembunuh no 1 yang ditakutkan oleh masyarakat.  Pada artikel sebelumnya telah saya bahas mengenai penyakit jantung koroner dan penyakit jantung rematik maka pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai kelainan pada jantung yang lainnya yakni penyakit jantung tiroid.

Penyakit jantung tiroid adalah kelainan pada jantung yang disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid atau disebabkan oleh penyakit tiroid. Penyakit jantung tiroid umumnya berasala dari adanya plak yang menempel pada dinding saluran darah dan tersangkut di dinding kapilari darah yang lebih sempit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Sekresi hormon tiroid diatur oleh mekanisme umpan balik spesifik yang bekerja di hipotalamus dan hipofisis anterior.

Penyakit jantung tiroid disebabkan oleh adanya peningkatan hormon tiroid yang berlebih sehingga dapat meningkatkan kegiatan kinerja, matabolisme, kronotropik dan kerja intropik dari vena. Saat tubuh tidak mampu memproduksi hornon tiroid yang dibutuhkan oleh tubuh maka penyakit tiroid akan muncul. Bila kelenjar tiroid hiperaktif maka pelepasan dari hormon tiroid yang masuk ke dalam aliran darah akan menjadi terlalu banyak dan akan  mengakibatkan terjadinya hipertiroidisme.

Mungkin bagi sebagian orang gangguan tiroid dianggap sebagai hal yang sepele, akan tetapi ada beberapa pasien sudah sering berkonsultasi ke dokter dan pada akhirnya baru bisa diketahui bahwa pasien tersebut menderita penyakit hipertiroid,hipotiroid maupun benjolan pada tiroid.

Gejala jantung tiroid beragam yakni dimulai dari jantung yang sering berdebar dan adapula yang mengalami perubahan berat badan yang siknifikan. Berikut ini adalah tanda atau gejala yang mungkin timbul dari penyakit jantung tiroid yakni pembesaran jantung, takikardi, irama jantung tidak beraturan,pulsasi kapiler pada ujung jari dan kadang terjadi bising sistolik.

Penyakit jantung tiroid masih dapat dicegah bila penyebabnya bukan dari bawaan atau komplikasi dari suatu pengobatan.

Berikut ini adalah tips untuk mencegah penyakit jantung tiroid:

1. Mengkonsumsi buah dan sayur

2. Berolahraga secara teratur

3. Mengurangi berat badan

4. Berhenti merokok.

0 comments

Post a Comment