Friday, August 2, 2013

Diet Penyakit Jantung

Diet Penyakit Jantung | Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Pada artikel ini akan dibahas tentang diet penyakit jantung. Tujuan dari diet penyakit jantung adalah dapat mengkonsumsi makanan tanpa memperberat kerja jantung. 

Diet Penyakit Jantung

Berikut ini adalah beberapa diet yang harus diterapkan pada pasien penyakit jantung.


1. Mengkonsumsi protein rendah lemak.
Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Anda akan menemukan asam lemak omega-3 pada ikan salmon, mackerel, dan herring. Sumber lain adalah biji rami, walnut, kedelai dan minyak canola. Selain itu penderita jantung juga dapat mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai pengganti daging, kacang-kacangan merupakan sumber protein rendah lemak.

2. Mengkonsumsi biji-bijian
Biji-bijian (beras, gandum, oatmeal) adalah sumber serat dan nutrisi lain yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung.

3. Membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan kolestrol
Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang disebut aterosklerosis (atherosclerosis), yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Anda dapat mengurangi jumlah lemak jenuh dalam diet dengan mengurangi konsumsi lemak dari daging atau memilih daging tanpa lemak. Anda juga dapat menggunakan substitusi rendah lemak untuk diet jantung sehat. Sebagai contoh dengan menambahkan selai pada roti alih-alih margarin.
Lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan pilihan yang baik untuk diet jantung sehat. Lemak tak jenuh tunggal dan ganda dapat membantu menurunkan kolesterol darah total. Tapi tetap batasi penggunaannya karena semua jenis lemak mengandung kalori tinggi.

4. Mengkonsumsi sayuran dan buah
Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi makanan tinggi lemak, seperti daging, keju, dan makanan ringan. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber penting vitamin dan mineral, rendah kalori dan kaya serat. Sayuran dan buah-buahan juga mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

5. Makan dalam porsi kecil
Penderita jantung sebaiknya mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil saja, karena porsi yang terlalu besar dapat memperberat kerja jantung.

6. Kurangi konsumsi garam
Apabila anda penikmat makanan asin, maka sebaiknya dikurangi karena makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan akan berujung pada kematian.

7. Berhenti merok
Rokok merupakan zat berbahaya didalam tubuh, merokok dapat memperparah kerja jantung. Maka dari itu penderita jantung sangat tidak dianjurkan untuk merokok.

Mulailah diet ini dari sekarang, sayangi jantung dan hidup ini karena organ tubuh yang satu ini merupakan sumber kehidupan manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

0 comments

Post a Comment