Wednesday, August 21, 2013

Penyakit Jantung Pada Anak

Penyakit Jantung Pada AnakPenyakit jantung pada anak- penyakit jantung tidak hanya mengintai orang dewasa tetapi juga dapat diderita oleh anak. Setiap orang tua rela melakukan apapun untuk melindungi anaknya. Pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai penyakit jantung pada anak.

Salah satu penyakit jantung pada anak yang perlu diwaspadai adalah penyakit jantung bawaan. Penyakit jantung bawaan adalah penyakit jantung yang terjadi ketika anak masih berada didalam kandungan ibunya. Pada minggu ke 4 kehamilan, jantung janin mulai berkembang membentuk struktur kantong jantung yang akan terus berkembang sampai minggu kedelapan. Jika pada fase ini terjadi kelainan pertumbuhan pada jantung janin maka inilah yang disebut kelainan jantung bawaan. Saat masih berada didalam kandungan, kelainan jantung sulit dideteksi karena aliran darah masih melalui plasenta sehingga bayi tidak mengalami gangguan pernapasan.
Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa penyakit jantung pada anak disebabkan oleh kelainan genetik dan adanya infeksi. Orang tua yang memiliki kelainan pada jantung, tidak menutup kemungkinan bahwa akan diturunkan pada anaknya. Penyebab lainnya adalah infeksi yang disebabkan oleh rubella, zat beracun, alkohol, dan obat-obatan tertentu. Konsultasilah dengan dokter.kandungan terlebih dahulu bila akan mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang.

Ciri-ciri penyakit jantung pada anak antara lain:

1. Ketika anak bernafas maka akan terdengar suara bising yang tidak normal
2. Bunyi detak jantung anak tidak normal
3. Jika anak masih menyusu, maka anak akan malas untuk menyusu.
4. Terjadi gangguan pertumbuhan
5. Jika anak menderita penyakit jantung maka kulit anak akan membiru.

Jika salah satu atau lebih dari ciri-ciri tersebut ada pada anak anda, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya termasuk agar anak tethindar dari penyakit jantung pada anak.

0 comments

Post a Comment