Sunday, July 28, 2013

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung | Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang jantung bahwa adalah salah satu organ yang sangan menunjang kehidupan manusia. Fungsi utama jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh manusia, jika jantung kita berhenti berdetak maka seluruh kehidupan kita akan berhenti. Begitu pentingnya jantung tersebut, maka kita sebagai yang membutuhkan perlu menjaga nikmat yang diberikan allah ini. 

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menjaga kesehatan jantung kita.

1. Olahraga secara teratur 
Sudah bukan hal yang tabu lagi jika ada istilah mengatakan bahwa olahraga membuat awet muda. Sepertinya memang benar istilah tetsebut, jika kita sering berolahraga maka jantung kita akan sehat. 
Menjaga Kesehatan Jantung
 
2. Berhenti merokok 
Kita semua tahu bahwa rokok sangatlah berbahaya baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri di jantung dan juga dapat merusak paru-paru. 
Menjaga Kesehatan Jantung

3. Mengurangi konsumsi garam 
Mengkonsumsi garam dapat meningkat tekanan darah dan dapat dengan mudah terjadi penyakit jantung, maka dari itu sebaiknya dari saat ini hindari mengkonsumsi garam secara berlebihan. 

4. Mengkonsumsi makanan sehat Mengonsumsi makanan sehat setiap hari akan menjaga jantung tetap sehat. Pilihlah makanan yang rendah kolesterol, rendah lemak, dan juga rendah garam agar kesehatan jantung tetap terjaga.dengan baik. Selain itu, tambahkan sayuran, buah, susu, serta biji-bijian ke dalam diet harian. Sesekali Anda bisa makan sesuai keinginan, namun selebihnya Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat yang sesuai dengan kebutuhan jantung. 

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin Hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara melakukan pemeriksaan rutin di RS atau dokter keluarga anda. Kadar kolestrol dan tekanan darah merupakan 2 hal yang harus dikontrol secara rutin. Itu tadi beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung, namun yang perlu anda ketahui bahwa penyakit jantung karena kelainan genetik tidak dapat dicegah, namun jika si sakit menerapkan hal diatas, mungkin saja dapat meringankan sakit jantung yang diderita. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa membaca artikel- artikel kami selanjutnya.

0 comments

Post a Comment