Wednesday, August 21, 2013

Jantung

JantungJantung- Manusia merupakan mahluk homo sapiens yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan yang tinggi. Dalam biologi, manusia biasanya dipelajari sebagai salah satu dari berbagai spesies di muka Bumi. Manusia sebagai mahluk sosial sangat bergantung dengan manusia lainnya dan memiliki banyak kebutuhan. Manusia terdiri dari berbagai organ tubuh yang menunjang siklus hidup manusia tersebut, salah satu organ tubuh yang sangat menunjang kehidupan manusia adalah jantung.

Jantung yang dalam bahasa Latin, COR adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah. Jantung manusia terdapat pada bagian rongga dada sebelah kiri dan dekat dengan paru-paru.

Berat jantung yakni 300 gram dan seperti kepalan tangan. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium yang tertempel pada diafragma. Organ jantung memiliki beberapa pembuluh darah yang melindungi jantung. Tugas utama dari jantung sendiri adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita. Tiap serambi dan bilik pada masing-masing belahan jantung disambungkan oleh sebuah katup. Katup di antara serambi kanan dan bilik kanan disebut katup trikuspidalis atau katup berdaun tiga. Sedangkan katup yang ada di antara serambi kiri dan bilik kiri disebut katup mitralis atau katup bikuspidalis yakni katup berdaun dua.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa kerja dari jantung adalah memompa darah keseluruh bagian tubuh, namun secara rinci cara kerja jantung yakni Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari. ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru. Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Karena peran jantung ini yg sangat penting, maka dari itu kita perlu menjaga dan merawat jantung kita.untuk tips menjaga jantung nanti akan kita bahas pada artikel berikutnya.

0 comments

Post a Comment