Sunday, July 28, 2013

Penyebab penyakit jantung

Penyebab penyakit jantung | Penyakit jantung terjadi karena tidak lancarnya aliran darah ke jantung sehingga menyebabkan terhambatnya kerja jantung. Pada artikel kali ini akan dibahas penyebab penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung bagi sebagian orang mungkin dianggap hal yang sepele. Di Amerika 1 dari 4 orang meninggal akibat serangan jantung. Sebenarnya penyebab dari penyakit jantung sendiri ada dua faktor yakni faktor genetik dan faktor gaya hidup.

Penyebab penyakit jantung

Berikut ini adala beberapa penyebab penyakit jantung yakni :

1. Merokok
Merokok merupakan suatu aktivitas yang sangat merugikan baik bagi si perokok aktif maupun perokok pasif. Merokok merupakan penyakit jantung karena kandungan zat kimia yang terdapat dalam rokok dapat menghambat aliran darah menuju jantung dan organ lainnya. Selain itu merokok dapat mengurangi asupan okaigen dan merusak dinding sel sehingga rawan menyebabkan penyumbatan pmbuluh darah dan akhirnya dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung dan stroke.
2. Tekanan darah tinggi
Salah satu yang utama penyebab penyaki jantung adalah hipertensi. Jika anda mempunyai penyakit hipertensi mungkin akan rawan terkena penyakit jantung. Karena saat seseorang memiliki hipertensi, maka jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh, jika itu sudah terjadi maka kemungkinan terjadinya gagal jantung akan lebih besar.
3. Kolestrol tinggi
Penyebab kedua terbanyak terjadinya penyakit jantung adalah tingginya kolestrol dalam darah. Jika itu sudah terjadi maka akan terjadi penumpukan lemak didalam pembuluh darah koroner. Penumpukan tersebuat akan menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju jantung, jika sudah demikian maka resiko tetjadinya jantung koroner akan lebih besar.
4. Stress
Stress yang berlebihan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung. Karena disaat anda sedang stress maka akan terjadi penyempitan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung 2 kali lipat dibandingkan orang yang tidak stress
5. Obesitas
Obesitas dapat meningkatkan penyakit jantung. Cara yg pling sering digunakan untuk menentukan tingkat obesitas adalah dengam menggunakan indeks masa tubuh atau IMT.

0 comments

Post a Comment