Sunday, August 18, 2013

Penyakit Jantung Bocor

Penyakit jantung bocor- Berbagai macam jenis penyakit jantung yang ada, salah satunya adalah penyakit jantung bocor. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa berbagai penyakit jantung tersebut sangatlah berbahaya bagi tubuh bahkan dapat mempersingkat hidup anda.

Penyakit Jantung BocorPenyakit jantung bocor adalah suatu keadaan dimana terdapat lubang pada sekitaran jantung akibat kelainan struktur jantung. Biasanya penyakit jantung bocor adalah kelainan bawaan sejak lahir.

Karena merupakan kelainan bawaan tersebut, maka penderita penyakit jantung bawaan adalah anak-anak. Penderita penyakit jantung bocor cukup tinggi, dari data diketahui bahwa 9 dari 1000 kelahiran bayi menderita penyakit jantung bocor.

Proses terjadinya penyakit jantung bocor adalah terjadi ketika proses konsepsi atau pembuahan saat hamil. Jantung pada bayi seharusnya sudah sempurna ketika bayi masih berada 3 bulan pertama didalam kandungan, tetapi pada penderita penyakit jantung bocor tidak demikian. 

Jantung terdiri dari 4 katup yang masing-masing katupnya memisahkan antara darah kotor dan darah yang bersih atau yang kaya akan oksigen.  Akan tetapi pada penderita jantung bocor akan terjadi kebocoran pada sekat jantung yang berakibat bercampurnya darah yang mengandung karbondioksida dan darah yang mengandung okasigen sehinggal hal inilah yang membuat jantung tidak berfungsi secara normal.

Gejala-gejala yang timbul pada penderita jantung bocor yakni:

1. Mudah lelah
2. Sering batuk khususnya pada malam hari
3. Sesak nafas
4. Sakit pada bagian dada
5. Dada sering berdebar
6. Sering buang air kecil
7. Mudah pusing
8. Sering pingsan

Pengobatan pasien dengan penyakit jantung bisa dilakukan dengan terapi obat. Pada janin yang sudah di diagnosa penyakit jantung bocor tidak bisa dilakukan pengobatan, bayi baru bisa diberi terapi pengobatan jika sudah berumur 3 bulan dengan segala pertimbangan.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, kekurangan gizi pada ibu hamil akan berakibat ketidak sempurnaan pembentukan jantung janin.

0 comments

Post a Comment