Sunday, August 18, 2013

Penyakit Otot Jantung

Penyakit otot jantung- organ jantung merupakan organ tubuh pada manusia yang sering mengalami masalah atau gangguan. Hal ini yang menyebabkan jantung tidak dapat bekerja secara optimal dan sebagaimana mestinya. Jika organ jantung bermasalah maka organ yang lain juga akan mengalami masalah. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyakit jantung. 

Penyakit Otot Jantung

Penyakit jantung bawaan atau biasa disebut kardiomiopati adalah suatu kelainan pada otot jantung yang menyebabkan melemahnya otot jantung sehingga tidak mampu lagi memompa darah. Jika jantung sudah tidak mampu lagi memompa darah untuk memanuhi kebutuhan tubuh maka akan terjadi suatu kondisi gagal jantung. Terdapat sumber yang menyatakan bahwa kardiopati atau penyakit otot jantung dapat diturunkan, yakni jika orang tua memiliki kelainan jantung ini maka tidak menutup kemungkinan dapat menurun pada anak.

Kardiomiopati atau penyakit otot jantung memiliki tiga tipe yaitu kardiomiopati hipertrofil ,kardiomiopati dilatasi serta kardiomiopati restriktif.  Kelainan pada otot jantung yang paling sering ditemukan pada pasien adalan kardiomiopati dilatasi. Penyakit otot jantung dilatasi adalah keadaan dimana keadaan otot jantung yang semula normal berubah menjadi rusak sehingga menyebabkan lemahnya dinding-dinding pembuluh darah pada ruang jantung. Kardiomiopati hipertrofik yakni kelainan genetik dimana terdapat pertumbuhan sel yang berlebih pada otot jantung didalam bilik jantung. Keadaan ini menyebabkan terjadinya aritmia pada jantung.

Penyakit Otot Jantung

Kardiomiopati rekstriktif adala suatu kelainan pada otot jantung yang jarang sekali terjadi. Penyakit otot jantung rektriktif adalah keadaan otot jantung yang diinfiltrasi dan dibuat kaku oleh sel-sel abnormal, protein dan jaringan syaraf. 

Penyebab paling banyaknya pasien yang menderita kardiomiopati dilatasi adalah disebabkan oleh tingginya konsumsi alkohol. Alkohol merupkan racun bagi otot jantung dan dapat langsung merusak sel-sel jantung.

0 comments

Post a Comment