Sunday, August 11, 2013

Penyakit Jantung Lemah

Penyakit Jantung Lemah | Setiap penderita jantung pastinya akan merasa terbatas segala aktivitasnya, karena penderita jantung umumnya akan mudah lelah dengan aktivitas yang ringan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jantung lemah. Anda pasti ada yang mengetahui penyakit jantung lemah atau pernah membaca dibuku yang kebetulan membahas mengenai penyakit jantung lemah.
Penyakit Jantung Lemah

Penyakit jantung lemah adalah kelainan pada jantung yakni dimana otot-otot jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Kemampuan otot-otot jantung ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, akan tetapi kita yang masih muda juga mampu menderita penyakit atau kelainan pada jantung ini.

Pasien dengan lemah jantung biasanya akan mengeluh sesak napas dan akan lebih nyaman jika tidur dengan posisi setengah duduk. Jika pasien tidur dengan posisi berbaring maka cairan akan menutupi seluruh bagian ventilasi udara sehingga menyebabkan pasien akan merasa lebih sesak napas.

Gejala umum yang biasanya timbul pada penyakit jantung lemah antara lain :


1. Mudah lelah
Penyakit jantung lemah terjadi karena otot-otot jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Dan pada akhirnya justru darah akan mengalir pada tempat atau bagian tubuh yang kurang penting, maka dari kurangnya asupan darah sehingga menyebabkan mudah lelah.

2. Denyut jantung cepat
Penderita penyakit jantung lemah akan cendrung merasakan denyut jantung cepat dan tidak berirama, hal ini adalah karena otot jantung memaksimalkan kerjanya untuk memompa darah ke bagian-bagian tubuh.

3. Sesak napas
Akibat jantung tidak mampu memompa darah, maka darah akan kembali ke dalam jaringan pembuluh darah dan akibatnya adalah darah yang membawa oksigen tidak akan tersebar. Sesak napas sering dialami penderita bahkan meskipun tidak melalukan aktivitas apapun.

4. Edema atau pembengkakan
Karena aliran darah ke ginjal tidak lancar, maka hal ini memaksa ginjal untuk menumpuk garam dan air. Penumpukan yang terjadi secara terus menerus menyebabkan edema atau pembengkakan.

5. Nafsu makan berkurang
Karena aliran darah yang kurang pada organ hati dan pencernaan, maka menyebabkan saluran pencernaan harus bekerja lebih keras untuk menerima asupan darah maka hal inilah yang menyebabkan rasa mual dan rasa kenyang sebelum waktunya.

6. Batuk kronis
Akiibat Terjadinya penumpukan cairan pada paru-paru dan mengakibatkan penderita harus mengalami batuk kronis yang kadang disertai dengan dahak bercampur darah.

Penyakit jantung lemah bisa dicegah dengan upaya perubahan pola makan dan pola hidup. Membiarkan penyakit ini terus berkembang maka itu artinya anda mempersempit hidup anda. Penyakit jantung lemah jika dibiarkan akan berujung pada timbulnya penyakit jantung koroner dan jika terus dibiarkan maka akan berujung pada kematian.

0 comments

Post a Comment